PENERAPAN AQOIDUL KHOMSIN DALAM PROGRPAM PENGABDIAN KEMASYARAKATAN DI PONDOK PESANTREN SYAMSUL JINAN DESA SUMBEREJO KECAMATAN BESUKI KABUPATEN SITUBONDO

  • Fitri Nur Aprilia Sekolah Tinggi Ilmu Al-Quran Wali Songo Situbondo
  • Ainur Rosyidah Sekolah Tinggi Ilmu Al-Quran Wali Songo Situbondo
Keywords: Aqoidul, Khomsin, Pemahaman, Penerapan

Abstract

Mempelajari Aqoidul Khomsin berarti belajar memahami islam secara sempurna, tujuannya untuk membetulkan dan meneguhkan iman manusia kepada Allah.  Tingkatan ini adalah tingkatan yang paling awal dan sangat menentukan terhadap perubahan zaman yang begitu berubah drastis akibat adanya globalisasi. Program Pengabdian Kemasyarakatan  dengan konsep Pemahaman dan Penerapan Aqoidul Khomsin yang diselenggarakan di Pondok Pesantren Syamsul Jinan, Desa Sumberejo, Kecamatan Besuki bertujuan untuk memberikan pembelajaran dan meningkatkan pemahaman Aqoidul Khomsin terhadap santri yang sedang belajar di Pondok Pesantren Syamsul Jinan dengan formula metode pembelajaran Pemahaman dan Penerapan yang efektif. Pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini melalui beberapa tahapan, diantaranya adalah dengan metode observasi kegiatan terlebih dahulu dengan cara menggali informasi kepada pengurus pondok pesantren tentang kegiatan Aqoidul Khomsin, sementara pendekatan yang digunakan adalah pendekatan edukatif guna mencapai target capaian selama kegiatan ini dilaksanakan. Pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan menggunakan metode pendampingan kepada peserta didik di pondok pesantren dalam belajar memahami dan menerapkan Aqoidul Khomsin.  

Hasil kegiatan ini adalah Kemampuan Peserta penerapan dan Pemahaman Aqoidul Khomsin selama kegiatan penerapan dan pemahaman berlangsung, kemampuan peserta cukup meningkat dari 25% menjadi 50%. berdasarkan hal tersebut diperlukan pendampingan dan pemahaman yang berkelanjutan serta dibutuhkan metode yang tepat dan menarik sehingga bisa meningkatkan motivasi belajar peserta dalam memahami dan menerapkan Aqoidul Khomsin. Metode yang dapat dilakukan yaitu menerapkan metode pembelajaran yang disukai oleh Peserta sehingga kemampuan menyerap pelajaran dapat meningkat. namun setelah penerapan dilakukan terdapat peningkatan Pemahaman dan penerapan Aqoidul Khomsin. Santri yang dibekali dengan Pemahaman dan penerapan Aqoidul Khomsin diharapkan nantinya akan tumbuh menjadi individu yang berkarakter mulia. salah satu cara memahami Aqoidul Khomsin, mampu dalam Pemahaman dan penerapan dengan baik dan benar.

References

Pengertian Aqidah: Tujuan, Keistimewaan, dan Contohnya (gramedia.com)
Departemen Agama RI, Alhidayah Al-Qur’an Tafsir Per Kata Tajwid Dan Kode Angka, hlm.144.
Mawaddah, N., Rahmah, D. A., & Masyhuri, M. (2021). SYAIR AQAID SAEKET SEBAGAI METODE DAKWAH DALAM MENANAMKAN AQIDAH AHLUSSUNNAH WAL JAMAAH AN-NAHDLIYAH. LISAN AL-HAL: Jurnal Pengembangan Pemikiran dan Kebudayaan, 15(1), 122-140.
https://www.gramedia.com/literasi/aqidah/
Jufri (2023) Pengurus pondok pesantren syamsul jinan “Observasi lapangan”
Pengurus pondok pesantren syamsul jinan (2023) “Data Profil pondok pesantren syamsul jinan”
Pemerintah Desa Sumberejo (2023) “Data letak geografis Desa Sumberejo”
Pengurus pondok pesantren syamsul jinan (2023) “Data Madrasah Diniyah Syamsul Jinan”
Dokumentasi disaat melakukan observasi (2023) “Dokumentasi Rapat dengan pengurus pondok”
Hasil test Awal para santri (2023) “Hasil Test Awal Membaca dan Memahami Aqoidul Khomsin”
Hasil test akhir para santri (2023) “Hasil Evaluasi Test Akhir Penerapan Aqoidul Khomsin
Published
2024-01-10
How to Cite
Aprilia, F., & Rosyidah, A. (2024). PENERAPAN AQOIDUL KHOMSIN DALAM PROGRPAM PENGABDIAN KEMASYARAKATAN DI PONDOK PESANTREN SYAMSUL JINAN DESA SUMBEREJO KECAMATAN BESUKI KABUPATEN SITUBONDO. Khidmah: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 92-102. Retrieved from http://ejournal.stiqwalisongo.ac.id/index.php/Khidmah/article/view/709
Section
Articles