PELATIHAN PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DENGAN MENGGUNAKAN METODE QIRO’ATI DALAM PENINGKATAN KUALITAS BACA AL QUR’AN DI DESA JETIS DUSUN KRAJAN
Abstract
Keterbatasan kuantitas guru mengaji di beberapa tempat mengaji di Desa Mallongi Longi, secara tidak langsung berdampak pada kemampuan santri dalam membaca Al-Qur’an. Hal ini mengakibatkan tidak meratanya pemberian materi pembelajaran, serta proses bimbingan dalam membaca dan mempelajari Al-Qur’an menjadi kurang terkontrol. Dari permasalahan tersebut, KKN STIQ Wali Songo mengadakan program kerja di beberapa musholla di Desa Jetis, sebagai bentuk pengabdian masyarakat di desa tersebut. Program kerja ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an para santri, serta membantu pengajar mengaji memaksimalkan proses bimbingan dan pembelajaran dengan menerapkan metode Qiroati. Metode Qiroati adalah metode pembelajaran Al-Qur’an yang membiasakan membaca dengan benar, lancar, dan tepat sesuai dengan pelafalan dan tajwid yang benar. Berdasarkan hasil evaluasi program TPQ selama tujuh pekan, penerapan metode Qiroati dinilai efektif dalam meningkatkan kemampuan santri dalam membaca Al-Qur’an. Hal ini dilihat dari meningkatnya keaktifan santri dalam mempelajari Al-Qur’an, kelancaran setoran hafalan Al-Qur’an, serta hasil evaluasi setiap santri yang setiap pekannya selalu meningkat menjadi lebih baik.
References
Maharani, S. (2020). Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Anak Usia Dini. 4, 11. Majid, A. (2016). Strategi Pembelajaran. Bandung. Pt. Remaja Rosdakarya.
Mulyani, D., Pamungkas, I., & Inten, D. N. (2018). Al-Quran Literacy for Early Childhood with Storytelling Techniques. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 202.
Mursid. (2015). Pengembangan Pembelajaran Paud. Bandung. Pt. Remaja Rosdakarya.
Nugraheni, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif Dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Surakarta. Laskar Pelangi.
Prastowo, A. (2014). Metode Penelitian Kualitatif Dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Yogjakarta. Ar-Ruzz Media.
Safitri, D. (2019). Menjadi Guru Profesional. Riau. Pt.Indragiri.
Samsu. (2017). Metode Penelitian : (Teori Dan Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mixed Methods, Serta Research & Development). Jambi. Pusaka Jambi.
Sanjaya, W. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. Prenada Media.
Wahyuni, F., & Azizah, S. M. (2020). Bermain dan Belajar pada Anak Usia Dini. Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan dan Keagamaan, 15(01), 161–17
Anggito, A. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. sukabumi. cv. jejak.