Sikap Ilmiah Terhadap Urgensi Hadis Dalam Pendidikan Agama Islam

  • Budiyanto Budiyanto Sekolah Tinggi Ilmu Al-Quran Walisongo Situbondo

Abstract

Dewasa ini pendidikan dihadapkan oleh masalah moralitas muda-mudi, khususnya pelajar dan mahasiswa sudah menjadi problem umum yang merupakan persoalan  yang terpengaruh oleh budaya asing yang tidak mencerminkan akhlaq, mudah terprovokasi, cepat marah, pergaulan bebas yang kesemuanya itu keluar dari konsep Al-Qur’an dan Hadist. Hal ini merupakan  gambaran  anak bangsa yang mulai terancam keutuhan pribadinya, Kendatipun ada segelintir umat Islam yang tidak mengakui kedudukan Hadis sebagai sumber ajaran Islam, hal ini terjadi, antara lain, boleh jadi karena mereka tidak memahami hadis secara komprehensif.

 Dalam artikel ini akan menjelaskan tertang Sikap Ilmiah Urgensitas Hadits dalam dunia pendidikan, karena Al Hadist sangatlah menentukan dalam memutuskan sebuah hukum setelah Al –Qur’an. Hadist merupakan bagian terpenting dalam pendidikan agama islam, karena pedididikan didasarkan pada sandaran hukum dan pedoman melangkah dalam kehidupan bermasyarakat dan menjalankan ajaran –ajaran agama islam dengan baik dan benar.  Paradigma pendidikan akan berjalan dengan teratur dan bermuara dengan kebahagiaan, dengan hakikat bahagia didunia dan akhirat dengan menjalani tuntunan nabi Muhammad Shollahu Alaihi Wasallam yang telah diutus oleh sang Allah subhanahu Wata’ala. maka dapatlah disimpulkan bahwa urgensi hadis Nabi eksistensinya sebagai Tabyin menduduki posisi yang sangat kuat dalam dunia pendidikan dalam menjelaskan ayat-ayat Al Quran yang sifatnya umum atau mujmal,. Hubungan Al Quran dengan Hadis Nabi Muhammad Shollahu Alaihi Wasallam antara satu dengan lainnya tidak bisa dipisahkan, karena Hadis sangatlah berfungsi sebagai penjelas Alquran. Oleh karenanya bagi siapapun yang mengingkarinya dapat dikatakan menolak isi kandungan Al Quran.

References

Departemen Agama RI, Al-Qur`an Al-Karim dan Terjemah Bahasa Indonesia, (Jakarta: Dirjen Binbaga, 2005), hlm. 413

Amin Abdullah, Mendamaikan Agama Dan Falsafah,( yokyakarta 2015 hal

Zuhairini, Filsafat Pendidikan Islam, (Jakarta : Bumi Aksara, 1992), hlm. 10

Muhammad Alim, Pendidikan Agama Islam Upaya Pembentukan Pemikiran dan Kepribadian Muslim ( Bandung : PT Remaja Rosda Karya, 2006 ), hlm 8

Imam Malik, Al-Muwattha’ , (Semarang: Thoha Putra, 1995), hal. 152

Ash-Shahih Shubhi, Melejitkan Ilmu-ilmu Hadits, Jakarta,PT.Rosda Karya 2002

Nata, Abuddin, Al-Qur’an dan Hadits Dirasah Islamiah 1 Jakarta Grasindo (2000). 138

Dauh KHR. Muhammad Khalil As’ad, Pengajian Al-qur’an 2009

Musnad Ahmad Bin Hambal Juz 1 Almaktabah Al Islami Bairut Hal. 164

Muhammad ‘Ajjaj Al Khatib, Ushul Al-Hadits. Terj. HM. Qodrun Nur dan Ahmad, 2000.165

Published
2020-01-26
How to Cite
Budiyanto, B. (2020). Sikap Ilmiah Terhadap Urgensi Hadis Dalam Pendidikan Agama Islam. Al-Bayan: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Hadist, 3(1), 34-46. https://doi.org/10.35132/albayan.v3i1.83
Section
Articles