KREATIVITAS GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI MTsN 2 DELI SERDANG
Abstract
Untuk menjawab tantangan pengajaran Generasi Z, pendidik harus mampu menyesuaikan diri dengan lanskap teknologi yang terus berkembang. Namun pada kenyataannya, banyak pendidik yang masih kalah bersaing di era digital saat ini. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui kreativitas guru Akidah Akhlak dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka belajar khususnya di MTsN 2 Deli Serdang. Metodologi penelitian yang digunakan ialah kualitatif jenis deskriptif. Informasi serta data yang dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian meliputi wakil kepala kurikulum, guru Akidah Akhlak dan siswa kelas VIII. Diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa Guru akidah akhlak di MTsN 2 Deli Serdang memiliki kreativitas yang beragam dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Belajar, baik melalui metode inovatif seperti jigsaw dengan media interaktif maupun metode ceramah dan diskusi yang dibuat menarik. Sebagian besar guru telah memiliki kesiapan yang baik dalam mengajar, dengan memanfaatkan sarana dan prasarana yang tersedia serta mencari ide-ide baru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.
References
Ensi, Syafi'i, I., & Ekowati, E. (2023). Kreativitas Guru PAI dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar. Unisan: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, 104-115.
Fatimah, S. H. (2023). Desain Pembelajaran PAI Di Sekolah. Jurnal Pendidikan Indonesia, 262-271.
Gainau, M. B. (2019). Pengembangan Potensi Diri Anak dan Remaja. Yogyakarta: Kanisius.
Hafid, A., Sudirman, Amran, M., & Magvira. (2022). Hubungan Kreativitas Guru dalam Pembelajaran dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas V SD. Autentik: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 166-173.
Ibrahim. (2015). Metode Penelitian Kualitatif: Panduan Penenelitian Beserta Contoh Proposal Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Ismail, S., & Sulaiman, W. (2023). Kreativitas Guru PAI dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Dasar. Journal On Education, 10399-10408.
Lathif, M. A., & Suprapto, N. (2023). Analisis Persiapan Guru dalam Mempersiapkan Kegiatan P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) pada Implementasi Kurikulum Merdeka. JUPE2: Jurnal Pendidikan & Pengajaran, 271-279.
Noor, I. H., Izzati, A., & Azani, M. Z. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Journal of Islamic Education Throughts and Practices, 30-47.
Nurjanah, S., Yahdiyani, N. R., & Wahyuni, S. (2020). Analisis Metode Pembelajaran Akidah Akhlak dalam Meningkatkan Pemahaman dan Karakter Peserta Didik. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 366-377.
Rahayu, Y. (2023). Problematika Kurikulum di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3176-3187.
Rouf, A. (2019). Pengembangan Kreativitas Belajar Guru Akidah Akhlak. Jurnal Elementary, 125-132.
Zain, M. (2022). Kreativitas Guru Akidah Akhlak dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X MA Ma’arif Rembang. Sultra Education Journal, 178-183.
Copyright (c) 2025 Khairun Nisa Marpaung

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.