HALAQOH DAN PENDIDIKAN KARAKTER: MODEL PENDIDIKAN NABI DALAM PEMBELAJARAN HOLISTIK DI ERA MODERN

  • Tri Wahyu Nurlia Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Imam Fauji Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
Keywords: Halaqoh, Pendidikan Karakter, Pendidikan Rasulullah

Abstract

Halaqoh merupakan salah satu metode pembelajaran tradisional Islam yang telah digunakan sejak masa Rasulullah SAW. Dengan pendekatan yang holistik, halaqoh tidak hanya berfokus pada pengajaran ilmu, tetapi juga pada pembentukan karakter, penguatan spiritual, dan pembangunan solidaritas sosial. Dalam konteks pendidikan modern, halaqoh menawarkan model pembelajaran yang relevan untuk membangun generasi berkarakter unggul di tengah tantangan global. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi konsep dasar, elemen kunci, serta relevansi halaqoh dalam pendidikan modern.  Penelitian ini menggunakan metode *library research*, dengan menganalisis literatur klasik dan kontemporer terkait halaqoh, seperti karya Ibnu Katsir, Al-Qurtubi, dan Sayyid Qutb. Kajian ini juga membandingkan implementasi halaqoh pada masa Nabi Muhammad SAW dan era modern, termasuk adaptasinya dengan teknologi digital.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa halaqoh memiliki tiga dimensi utama: intelektual, spiritual, dan sosial. Dimensi ini tetap relevan di era modern, terutama dengan integrasi teknologi yang memungkinkan halaqoh dilakukan secara daring. Penelitian ini berkontribusi pada pengembangan literasi pendidikan Islam global, menawarkan halaqoh sebagai metode pembelajaran yang inklusif, berbasis nilai, dan adaptif terhadap perubahan zaman. Halaqoh bukan hanya metode tradisional, tetapi solusi holistik untuk pendidikan yang lebih bermakna dan transformatif.

References

Achmad, Syaefudin. “Pendidikan Islam Berbasis Kisah: Nilai Pendidikan Islam Dalam Sirah Nabi.” INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan 26, no. 2 (December 30, 2021): 161–74. https://doi.org/10.24090/insania.v26i2.5201.

Adha, Nasuha Zamhari, Muh. Wasith Achadi, Afif Syaiful Mahmudin, and Gilang Hardiansyah Priamono. “Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Dalam Materi Perkuliahan Mahasiswa IAIN Ponorogo.” Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman 13, no. 1 (June 18, 2023): 27. https://doi.org/10.24014/jiik.v13i1.20877.

Ahmad Muhammad. “Nilai-Nilai Moderasi Beragama Dalam Buku Ajar Al-Qur’an Hadits Di Madrasah Aliyah.” Repository.Ar-Raniry.Ac.Id, 2023, 1–77.

Al-Mawardi, An-Nukat wal ‘Uyun, Jilid 5, hal. 103.

Al-Qurtubi, Al-Jami’ li Ahkam al-Qur’an, Jilid 14, hal. 32-35.

Anwari, Norfaidi, Yusrin Yusrin, Febri Ana Nurfanisa, M. Seneng Al Jauzi, and Sri Astutik. “Optimalisasi Pengelolaan Sumber Daya Manusia Berbasis Dakwah Di Madrasah Miftahul Huda Situbondo.” Idarotuna 5, no. 2 (October 31, 2023): 126. https://doi.org/10.24014/idarotuna.v5i2.24459.

Azman, Zainal. “PENDIDIKAN ISLAM HOLISTIK DAN KOMPREHENSIF.” Edification Journal 1, no. 1 (July 1, 2019): 81–95. https://doi.org/10.37092/ej.v1i1.85.

Chiu, Thomas K.F. “Digital Support for Student Engagement in Blended Learning Based on Self-Determination Theory.” Computers in Human Behavior 124 (November 2021): 106909. https://doi.org/10.1016/j.chb.2021.106909.

Fadhila, N. Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Animasi Powtoon Pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam Materi Dakwah Rasulullah Di …. Universitas Islam Malang, 2022.

Firmansyah, Firmansyah, Siti Fatimah, Novia Ballianie, and Amir Hamzah. “Karakteristik Pola Pendidikan Pada Masa Nabi Muhammad SAW Dan Khulafa’ Ar-Rasyidin.” Wahana Karya Ilmiah Pendidikan 8, no. 01 (June 19, 2024): 48–55. https://doi.org/10.35706/wkip.v8i01.11742.

Herawati, and Kamisah. “Mendidik Anak Ala Rasulullah ( Propethic Parenting ) Educate Children with Rasulullah Method ( Propethic Parenting ).” Journal of Education Science (JES) 5, no. 1 (2019): 33–42.

Ikhwansyah, Muhammad Fuad, Hunainah Hunainah, and Muhammad Tri Ramdhani. “Metode Pendidikan Nabi Muhammad SAW Dalam Kitab Ar-Rahiqul-Makhtum.” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 7, no. 1 (January 1, 2024): 146–53. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i1.3195.

Jumarnis, Meizy, Widia Rahmawati, and Ayu Sari Rahayu. “Metode Pendidikan Dalam Al-Qur’an.” Jurnal Multidisiplin Indonesia 2, no. 6 (June 26, 2023): 1204–10. https://doi.org/10.58344/jmi.v2i6.271.

Kamaluddin, Kamaluddin, and Putri Rizka Citaningati. “Islamic Leadership: Prophet Muhammad as a Role Model for Being Charismatic, Transformational, and Servant Leader.” International Journal of Applied Business and International Management 8, no. 2 (August 19, 2023): 53–66. https://doi.org/10.32535/ijabim.v8i2.2460.

Kinanthi, Tsabita Khansa, Dira Kusuma Wardani, Amalya Cantika Sarie, and Arita Marini. “Meningkatkan Efektivitas Manajemen Sekolah Dalam Penerapan Pendidikan Inklusif Di Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 1, no. 3 (May 31, 2024): 9. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i3.532.

Miiro, Farooq, and Siraje Ssekamanya. “The Role of Education in the Development of Spirituality and Community Empowerment: Lessons from the Approach of Prophet Muhammad (SAW).” Interdisciplinary Journal of Education 1, no. 2 (December 27, 2018): 239–49. https://doi.org/10.53449/ije.v1i2.65.

Muwanguzi, E., Serunjogi C.D., and Edward K. “An Analysis of Community Engagement in Higher Education: A Conceptual Exploration.” British Journal of Education, Learning and Development Psychology 6, no. 3 (November 21, 2023): 120–29. https://doi.org/10.52589/BJELDP-JX4KJGWO.
Nurhadi, Nurhadi. “Pendidikan Keluarga Perspektif Hadis Nabi Muhammad Saw.” INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan 24, no. 1 (2019): 1–34. https://doi.org/10.24090/insania.v24i1.2696.

Pradesa, D. “Kaderisasi Kepemimpinan Dalam Organisasi Dakwah Rasulullah.” … : Jurnal Pengembangan Ilmu Dakwah, 2017. http://inteleksia.stidalhadid.ac.id/index.php/inteleksia/article/view/168.

Pradesa, Dedy. “MANAJEMEN STRATEGI DAKWAH NABI MUHAMMAD PADA MASA AWAL MADINAH.” INTELEKSIA - Jurnal Pengembangan Ilmu Dakwah 8, no. 2 (December 31, 2018): 231–56. https://doi.org/10.55372/inteleksiajpid.v8i2.151.

Riyanto, Buddy. “Media Sosial Dan Multikulturalisme.” Research Fair Unisri 2019 3, no. 1 (2019): 188–96.
Salsabila, Unik Hanifah. “Peran Teknologi Dalam Internalisasi Nilai-Nilai Islam.” Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents 3, no. 2 (2021): 6.

Setiawan, Agung Ibrahim, and M. Al-Qautsar Pratama. “Karakteristik Pendidikan Islam Periode Nabi Muhammad Di Makkah Dan Madinah.” NALAR: Jurnal Peradaban Dan Pemikiran Islam 2, no. 2 (December 31, 2018): 130. https://doi.org/10.23971/njppi.v2i2.958.

Tafsir Al-Qurtubi, Al-Jami’ li Ahkam al-Qur’an, Jilid 4, hal. 60.

Tafsir Ibnu Katsir, Tafsir al-Qur'an al-Azim, Jilid 1, hal. 326.

Qur’an Terjemah Kementrian Agama Republik Indonesia : Surah ke-3 hal 60.

Qur’an Terjemah Kementrian Agama Republik Indonesia : Surah ke-3 hal 45.

Qur’an Terjemah Kementrian Agama Republik Indonesia : Surah ke 31 hal. 412

Qur’an Terjemah Kementrian Agama Republik Indonesia : Surah ke-62 hal 553
Published
2024-12-29
Section
Articles