PERAN GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MENGATASI PERILAKU BULLYING DI MTS DARUL ULUM PANARAGAN JAYA

  • M. Ikhsasanuddin Rahman Universitas Maarif Lampung, Indoneisa
  • Hasyim As'ari Universitas Maarif Lampung, Indoneisa
  • Nurul Aisyah Universitas Maarif Lampung, Indoneisa
Keywords: pendidikan, bullying, aqidah akhlak, siswa, karakter, MTs Darul Ulum Panaragan Jaya

Abstract

Pendidikan merupakan kunci penting dalam mengembangkan potensi manusia, membentuk karakter, serta mempersiapkan individu untuk menghadapi kehidupan. Salah satu tantangan dalam dunia pendidikan adalah fenomena bullying yang dapat mengganggu kesehatan psikologis siswa dan menghambat proses belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran Aqidah Akhlak dalam mengatasi perilaku bullying di MTs Darul Ulum Panaragan Jaya. Metode penelitian yang digunakan adalah observasi dan wawancara dengan guru Aqidah Akhlak serta siswa yang terlibat dalam kasus bullying. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program pendidikan agama, khususnya pembelajaran Aqidah Akhlak, memberikan kontribusi positif dalam mengurangi perilaku bullying dengan menanamkan nilai-nilai moral dan etika yang sesuai dengan ajaran Islam. Pendidik berperan sebagai pembimbing dalam membentuk karakter siswa dan mengatasi masalah sosial yang muncul, termasuk bullying. Program keagamaan yang diterapkan di sekolah dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih kondusif dan mendukung perkembangan karakter siswa.

References

Abdullah Sani, Ridwan. Strategi Belajar Mengajar. Depok: PT Rajagrafindo Persada, 2019.
Ahmad Tanzeh. Pengantar Metode Penelitian. Yogyakarta: Teras, 2009.
Ahsan, Annisa Rizky Fadilla and Putri Ayu Wulandari. "Literature Review Analisis Data Kualitatif: Tahap Pengumpulan Data," Mitita Jurnal Penelitian, 1.3 (2023), pp. 34–46.
Andi Prastowo. Metode Penelitian Kualitatif dalam Rancangan Penelitian. Yogyakarta: Ar-Ruzz, 2012.
Antonius P.S.Wibowo. Penerapan Hukum Pidana Dalam Penanganan Bullying di Sekolah. Jakarta: Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, 2019.
Amirul Hadi. Haryono. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia, 1998.
Al-Qur’an, QS. Al-Hujurat: 11, QS. Al-Baqarah: 151, QS. Al-‘Alaq: 1-5.
Al-Qur'an, Muhammad Idrus. Metode Penelitian Ilmu Sosial Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Edisi kedua. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 1992.
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta, 2006.
Arikunto, Suharsimi. Manajemen Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2003.
Astuti, Ponny Retno. Meredam Bullying 3 Cara Efektif Mengatasi Kekerasan Pada Anak. Jakarta: PT. Grasindo, t.t.
Burhan Bungin. Metodologi Penelitian Sosial Format Kuantitatif dan Kualitatif* Surabaya: Airlangga Universiti Press, 2001.
Burhanudin Salam. Kepribadian Guru. Jakarta: Bulan Bintang, 2005.
Darmadi, Hamid. Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta, 2014.
Defri Agusti. "Skripsi: Dampak Bullying Terhadap Perilaku Siswa Studi Di SMP Negeri 1 Muaro Jambi Kecamatan Jambi Luar Kota Kabupaten Muaro Jambi," Universitas Islam Negeri Sulthan Saifuddin Jambi, 2020.
Deni Febrini. Bimbingan Konseling. Yogyakarta: Teras, 2011.
Dewi, Richa Merry Puspitasari. "Skripsi: Peran Guru Dalam Mengatasi Perilaku Bullying Pada Siswa Melalui Program Bimbingan Keagamaan Di SMPN 3 Dolopo Madiun," IAIN Ponorogo, 2022.
Djamarah, Syaiful Bahri. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
Dradjat, Zakiah, dkk. Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam, ed. Jakarta: Bumi Aksara, 2014.
Fandi, Rosi. Teori Wawancara Psikodiagnostik. Tegalrejo: Leutikaprio, 2016.
Fenti Hikmawati. Bimbingan Konseling. Jakarta: Rajawali Pers, 2011.
Fahdini, Alya Malika, Yayang Furi Furnamasari, and Dinie Anggraeni Dewi. "Urgensi Pendidikan Karakter Dalam Mengatasi Krisis Moral Di Kalangan Siswa", Jurnal Pendidikan Tambusai, 5.3 (2021), pp. 9390–94.
Fitri, Aulia, et al. "Peran Ganda Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membimbing Siswa Bermasalah Di SD Islam Al-Rasyid Pekanbaru", Journal on Education, 5.3 (2023).
Hamid, Darmadi. Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta, 2014.
Hikmawati, Fenti. Bimbingan Konseling. Jakarta: Rajawali Pers, 2011.
Huda, Mulyasa. Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajara Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2013.
Ibid. (Referred to Yayasan Semai Jiwa Amini)
Ibid, hlm.16.
Idrus, Muhammad. Metode Penelitian Ilmu Sosial Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Jeliman Netral Zebua et al. "Analisis Penerapan Manajemen Talenta Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pada UPTD SD Negeri 070989 Hilinaa Kota Gunungsitoli", Innovative: Journal of Social Science Research, 4.3 (2024).
Kusumasari, K, Farida K, Dominikus D. "Bullying di Sekolah: Pengertian, Dampak, Pembagian dan Cara Menanggulanginya", Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 17, no. 1 (2019): 55-66.
Kusumasari, R. Nuruliah. "Lingkungan Sosial Dalam Perkembangan Psikologis Anak", Jurnal Ilmu Komunikasi, Vol. 2, no. 1 (2015): 32-38.
Mulyasa, H. Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2013.
Muliasari, Nindya Alfian. "Skripsi: Dampak Perilaku Bullying Terhadap Kesehatan Mental Anak", IAIN Ponorogo, 2019.
Nuruliah, Kusumasari, "Lingkungan Sosial Dalam Perkembangan Psikologis Anak", Jurnal Ilmu Komunikasi, Vol. 2, no. 1 (2015): 32-38.
Penerbit Kanisius. Steve Wharton, How to Stop That Bully (Menghentikan si Tukang Teror). Yogyakarta: Penerbit Kanisius, 2009.
Rahman, A. (2024). Pengaruh Bullying terhadap Psikologi Siswa di Lingkungan MTs Darul Ulum.
Ridwan Abdullah Sani. Strategi Belajar Mengajar. Depok: PT Rajagrafindo Persada, 2019.
Richa Merry Puspitasari, “Skripsi: Peran Guru Dalam Mengatasi Perilaku Bullying Pada Siswa Melalui Program Bimbingan Keagamaan Di SMPN 3 Dolopo Madiun”, IAIN Ponorogo, 2022.
Rini, Fitria Widiyani Roosinda. Skripsi Metode Penelitian Kualitatif, Zahir Publishing, 2021.
Sarwono, Jonathan. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2006.
Steve Wharton, How To Stop That Bully (Menghentikan si Tukang Teror). Yogyakarta: Penerbit Kanisius, 2009.
Syaiful Bahri Djamarah. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif, Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
Sugiyono. Metode Penelitian Kualitatif, Kualitatif R&D, Bandung: Alfabeta, 2009.
Suharsimi Arikunto. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 1992.
Toni Yunanto, Menjadi Guru Profesional. (t.tp: T.pn., t.t).
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
UU RI No. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, (Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2009).
Wibowo, Antonius P. Penerapan Hukum Pidana Dalam Penanganan Bullying di Sekolah, Jakarta: Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, 2019.
Widya Ayu Sapitri (2020), Cegah dan Stop Bullying Sejak Dini, Semarang: Guepedia, 2020.
Yohana Afliani (2020), Guru dan Pendidikan Karakter, Indramayu: CV. Adanu Abimata.
Yunahar Ilyas (2020), Kuliah Akidah Islam, Yogyakarta: Suara Muhammadiyah
Published
2025-02-02
Section
Articles