KONSTRUKSI KESALIHAN SEBAGAI PENEGUHAN DOMESTIKASI PEREMPUAN DALAM TAFSIR AUDIOVISUAL (ANALISIS KONTEKSTUALISASI QS. AN-NISA’ AYAT 34 DALAM INTERPRETASI YUFID.TV)
Abstract
Kajian ini berangkat dari fenomena ketimpangan posisi perempuan dengan laki-laki di masyarakat. Perempuan dikonstruks sebagai makhluk yang lemah dan berada di belakang laki-laki. Hal ini disebabkan kulturisasi yang berkembang masih kental akan budaya patriarkhi, di mana perempuan dibatasi pergerakannya dalam mengekspresikan diri. Selain itu doktrin keagamaan yang ada juga menggiring atas wacana bahwa perempuan yang berada di luar rumah melenceng dari syariat Islam. Pembatasan tindak-tanduk perempuan ini sering kali disandarkan pada penyematan identitas salihah pada diri perempuan. Salah satunya dilakukan oleh Yufid.TV dalam interpretasinya terhadap QS. An-Nisa: 34 bahwa perempuan salihah adalah perempuan yang taat pada suami dan berada di rumah. Tulisan ini merupakan kajian netnografis terhadap wacana kesalehan perempuan pada media sosial Indonesia. Maka fokus transenden dalam kajian ini adalah untuk mengurai bagaimana wacana kesalehan perempuan yang dibentuk oleh Yufid.TV melalui interpretasinya terhadap QS. An-Nisa’: 34. Selanjutnya, mengkontekstualisasikan ayat dengan meninjau relevansinya atas isu yang dibawa dengan konteks kontemporer. Dengan menggunakan analisis deskriptif-kritis kajian ini menunjukkan bahwa wacana kesalehan yang dibentuk melalui pemahamannya atas QS. An-Nisa’: 34 sampai pada makna bahwa perempuan bertugas untuk patuh dan melayani suaminya, sehingga mereka harus berada di dalam rumah. Konstruksi tersebut diyakini merupakan bentuk dari pemahaman tekstual terhadap literatur kegamaan yang ada. Sehingga pada gilirannya wacana kesalehan ini merefleksikan pada pola piker patriarkis, yakni upaya untuk menjadikan keberadaan perempuan di dalam sektor domestik saja.
References
Andirja, Firanda. “Wanita Sholehah Bagimu Surga.” Yufid.TV, 2019. https://youtu.be/WMOakGbUE80?si=KcFM4LXxqfZFllY9.
Burhanuddin, Nunu. “Membincang Persepsi Keterpinggiran Perempuan.” ESENSIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Ushuluddin 16, no. 1 (2015): 57–74. https://doi.org/10.14421/esensia.v16i1.987.
Fauzi, Maria. Muslimah Bukan Agen Moral: Menggali Ragam Ekspresi Kesalehan Perempuan. Bandung: Mizan Media Ilmu, 2023.
Fauziah, Wiwi, and Miski. “Al-Quran Dalam Diskursus Toleransi Beragama Di Indonesia (Analisis Kritis Terhadap Tafsir Audiovisual QS. Al-Kafirun Dalam Akun HIjab Alila).” TAJDID 18, no. 2 (2019): 125–52.
Fauziah, Wiwi, and Miski Miski. “Kritik Terhadap Tafsir Audiovisual: Telaah Wacana Toleransi Beragama Dalam Ragam Unggahan Tafsir QS. Al-Kāfirūn Pada Akun Hijab Alila Perspektif Analisis Wacana Kritis.” Mashdar: Jurnal Studi Al-Qur’an Dan Hadis 3, no. 2 (2021): 57–82. https://doi.org/10.15548/mashdar.v3i2.2911.
Finaka, Andrean W. “Pengguna Internet Di Indonesia Makin Tinggi.” Indonesia Baik.id, 2023. https://indonesiabaik.id/infografis/pengguna-internet-di-indonesia-makin-tinggi.
Fisipol. “Domestikasi Perempuan: Tuntutan Atau Pilihan?” fisipol.ugm.ac.id, 2020. https://fisipol.ugm.ac.id/domestikasi-perempuan-tuntutan-atau-pilihan/.
Habudin, Ihab. “KONSTRUKSI GAGASAN FEMINISME ISLAM KHALED M. ABOU EL-FADL (Relevansinya Dengan Posisi Perempuan Dalam Keluarga).” Al-Ahwal: Jurnal Hukum Keluarga Islam 5, no. 2 (2012): 1–30.
Handayani, Yulmitra, and Mukhammad Nur Hadi. “Interpretasi Progresif Hadis-Hadis Tema Perempuan: Studi Aplikasi Teori Qira’ah Mubadalah.” HUMANISMA : Journal of Gender Studies 4, no. 2 (2020): 157–76. https://doi.org/10.30983/humanisme.v4i2.3462.
Handoyo, Pambudi. “Representasi Perempuan Dalam Media Di Indonesia.” In SEMINAR NASIONAL GENDER & BUDAYA MADURA III MADURA: PEREMPUAN, BUDAYA & PERUBAHAN, 2018.
Haryanti, Firda Dwi. “Pesan Dakwah ‘Nasihat Islami Gara-Gara Status’ Yufid.TV Di Youtube.” UIN Sunan Ampel Surabaya, 2020.
Ibrahim, Sulaiman. “Hukum Domestikasi Dan Kepemimpinan Perempuan Dalam Keluarga.” Jurnal Al-Ulum 13, no. 2 (2013): 215–44.
Khotijah, and Ahmad Madkur. “Domestikasi Perempuan Salafi: Konstruksi Sosial Perempuan Salafi Di Kota Metro Lampung.” Kafa`ah: Journal of Gender Studies 8, no. 2 (2018): 197–211. https://doi.org/10.15548/jk.v8i2.219.
Latifi, Yulia Nasrul, and Wening Udasmoro. “The Big Other Gender, Patriarki, Dan Wacana Agama Dalam Karya Sastra Nawāl Al-Sa’dāwī.” Musãwa: Jurnal Studi Gender Dan Islam 19, no. 1 (2020): 1–20. https://doi.org/10.14421/musawa.2020.191.1-20.
Luthfiyah, Nafsiyatul. “Feminisme Islam Di Indonesia.” ESENSIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Ushuluddin 16, no. 1 (2015): 75–88. https://doi.org/10.14421/esensia.v16i1.988.
Maulana, Luthfi. “Teologi Perempuan Dalam Tafsir Al-Qur’an: Perspektif Pemikiran Hamka.” Musãwa: Jurnal Studi Gender Dan Islam 15, no. 2 (2016): 273. https://doi.org/10.14421/musawa.v15i2.1309.
Miasih, Turi. “Konstruksi Perempuan Muslim Dalam Pemberitaan Ajang World Muslimah 2013 Di Kompas.Com.” UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2014.
Mudin, Miski. ISLAM VIRTUAL, Diskursi Hadis, Otoritas Dan Dinamika Keberislaman Di Media Sosial. Edited by Nurul Afifah. Jakarta: BILDUNG, 2019.
Mukhtar, Ahmad. Mu’jam Al-Lughah Al-’Arabiyyah Al-Mu’ashirah. Cairo: ’Alam Al-Kutub, 2008.
Munawwir, Ahmad Warson. Kamus Al-Munawwir. Surabaya: Pustaka Progressif, 1997.
Murdianto, and Suparyani. “Karakteristik Wanita Shalihah Dalam Tafsir Ath-Thabari (Kajian Tafsir Surat an-Nisa Ayat 34 Dan Al-Ahzab Ayat 33).” Al - Karima 5, no. 2 (2021): 30–45.
Mustaqim, Abdul. Pergeseran Epistemologi Tafsir. Edited by Saifuddin Zuhri Qudsy. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008.
Nur A, Ibrahim. “Problem Gender Dalam Perspektif Psikologi.” Az-Zahra: Journal of Gender and Family Studies 1, no. 1 (2020): 46–54. https://doi.org/10.15575/azzahra.v1i1.9253.
Orwela, Citra, and Khabibur Rohman. “Imaji Salehah Dalam Media Sosial Instagram Dalam Kasus Rina Nose.” Martabat: Jurnal Perempuan Dan Anak 1, no. 2 (2017): 352–69.
Ramli, Ramli. “Mannheim Membaca Tafsir Quraish Shihab Dan Bahtiar Nasir Tentang Auliya’ Surah Al-Maidah Ayat 51.” Refleksi: Jurnal Filsafat Dan Pemikiran Islam 18, no. 1 (2018): 91–114. https://doi.org/10.14421/ref.v18i1.1859.
RI, Kemenag. Al-Qur’an Dan Terjemah. Bandung: Jabal Raudatul Jannah, 2010.
Ridwan, MK. “Metodologi Penafsiran Kontekstual; Analisis Gagasan Dan Prinsip Kunci Penafsiran Kontekstual Abdullah Saeed.” Millati: Journal of Islamic Studies and Humanities 1, no. 1 (2016): 1–22.
Sholihah, Faridatus. “Eksistensi Dā’iyah Di Tengah Domestikasi Citra Diri Perempuan Shalihah: Perspektif Feminis Eksistensialis.” Sawwa: Jurnal Studi Gender 13, no. 1 (2018): 107–16. https://doi.org/10.21580/sa.v13i1.2799.
Siregar, Muhammad Ibinuh. “Perempuan Shalihah Dan Thalihah Dalam Al-Qur’an (Kajian Terhadap Kisah Imro’ah Nuh, Luth, , Fir’aun Dan Maryam).” UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2020.
Soekanto, Soerjono. Karl Mannheim Sosiologi Sistematis. Jakarta: CV. Rajawali, 1985.
Yani, Lalu Ahmad. “Sifat-Sifat Istri Sholehah - Ustadz Lalu Ahmad Yani, Lc. - Ceramah Agama.” Yufid.TV, 2020. https://www.youtube.com/watch?v=V-Il9YtPInw.
Yufid.TV. “About,” n.d. https://www.youtube.com/c/yufid/about.
Copyright (c) 2024 Sofiyatus Soleha, Ifadah Ifadah, Haizumiah Haizumiah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.