EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN QUIZZIZ TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI TRIGONOMETRI TERINTEGRASI DENGAN KEBUDAYAAN ISLAM
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Pre-Experimental Design dan One Group Pretest Posttest Design. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas penggunaan media quizizz terhadap hasil belajar matematika materi trigonometri di kelas X 8 SMA Negeri 9 Semarang. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui tes hasil belajar berupa Pre Test dan post test. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data deskriptif dan analisis statistik inferensial. Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan uj-t yaitu Paired Sampel T-Test dengan bantuan software IBM SPSS statistics 25. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMA N 9 Semarang pada tahun pelajaran 2023/2024. Adapun sampel dalam penelitian diambil dengan purposive sampling, yaitu teknik pengambilan sampel berdasarkan pertimbangan tertentu yang dibuat oleh peneliti sendiri. Sehingga peneliti memilih kelas X-8 sebagai subjek penelitian. Hasil uji statatistik deskriptif yang menunjukkan nilai rata-rata hasil belajar matematika peserta didik memperoleh NGain score 0.3283 termasuk dalam kategori sedang, karena pada kaidah pengujian jika maka termasuk dalam kategori sedang. Sedangkan untuk hasil uji Paired Sampel T-Test diperoleh nilai signifikan 0.000 < 0.05, karena pada kaidah pengujian jika nilai Sig.(2-tailed) < 0.05 maka ditolak dan diterima. Oleh karena itu pada penelitian ini, peneliti memperoleh hasil penelitian bahwa penggunaan media pembelajaran Quizizz efektif efektif terhadap hasil belajar matematika peserta didik pada materi trigonometri terintegrasi dengan kebudayaan Islam kelas X 8 SMA N 9 Semarang.
References
Adjie, N. dan M. (2006). Pemecahan Masalah Matematika. UPI Press, Cetakan Pertama.
Djamarah, S. B. (2008). Psikologi Belajar. Rineka Cipta.
Febrita, Y., & Ulfah, M. (n.d.). Peranan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. 0812(2019), 181–188.
Lapono, N. dkk. (2008). Bahan Ajar Belajar dan Pembelajaran. Depdiknas.
Noor, S. (2020). Penggunaan Quizizz dalam penilaian pembelajaran pada materi ruang lingkup Biologi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X.6 SMA 7 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Hayati, 6(1), 1–7.
Purba, L. S. L. (2019). Peningkatan Konsentrasi Belajar Mahasiswa Melalui Pemanfaatan Evaluasi Pembelajaran Quizizz Pada Mata Kuliah Kimia Fisika I. Jurnal Dinamika Pendidikan, 12(1), 29. https://doi.org/10.33541/jdp.v12i1.1028
R, N., & Susanti, D. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Trigonometri Berbasis Literasi Matematika. Jurnal Borneo Saintek, 2(1), 37–45. https://doi.org/10.35334/borneo_saintek.v2i1.633
Rahmawati, N., Buchor, A., & Endahwuri, D. (2016). Efektivitas Penggunaan Multimedia Interaktif Dengan Pendekatan Matematika Realistik Pada Mata Kuliah Matematika Sma. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 3(September), 27–36.
Ratriana, D., Purwoko, R. Y., & Yuzianah, D. (2021). Pengembangan E-modul Berbasis Etnomatematika yang Mengeksplorasi Nilai dan Budaya Islam untuk Siswa SMP. AlphaMath : Journal of Mathematics Education, 7(1), 11. https://doi.org/10.30595/alphamath.v7i1.8498
Salsabila, U. H., Habiba, I. S., Amanah, I. L., Istiqomah, N. A., & Difany, S. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Ditengah Pandemi Pada Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi, 4(2), 163–172. https://doi.org/10.22437/jiituj.v4i2.11605
Sultan, U., & Tirtayasa, A. (2019). Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar. 2(1).
Tsaaqib, A., Buchori, A., & Endahwuri, D. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Virtual Reality (Vr) Pada Materi Trigonometri Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Sma. JIPMat, 7(1), 11–19. https://doi.org/10.26877/jipmat.v7i1.9950
Zaini Miftach. (2018). Pembelajaran Materi Trigonometri Berbasis Nilai Islami Untuk Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa. 53–54.
Copyright (c) 2024 ekinengsih ekinengsih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.