EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN QUIZZIZ TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI TRIGONOMETRI TERINTEGRASI DENGAN KEBUDAYAAN ISLAM

  • ekinengsih ekinengsih Universitas PGRI Semarang
  • Achmad Buchori Universitas PGRI Semarang
  • Novita Wulandari SMA Negeri 9 Semarang
Keywords: Hasil Belajar, Kebudayaan Islam, media pembelajaran

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif  dengan desain penelitian Pre-Experimental Design dan One Group Pretest Posttest Design. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas penggunaan  media quizizz terhadap  hasil belajar  matematika  materi  trigonometri di kelas X 8 SMA Negeri 9 Semarang. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui tes hasil belajar berupa Pre Test dan post test. Instrumen  yang  digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah tes  hasil  belajar. Teknik  analisis  data  yang  digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah  analisis  data  deskriptif  dan analisis  statistik  inferensial. Pengujian  hipotesis  pada  penelitian  ini  menggunakan  uj-t  yaitu Paired Sampel  T-Test dengan bantuan software IBM SPSS statistics 25. Populasi  dalam  penelitian  ini  adalah seluruh  peserta didik  kelas  X   SMA N 9 Semarang  pada  tahun  pelajaran  2023/2024.  Adapun  sampel  dalam  penelitian  diambil  dengan  purposive sampling, yaitu teknik pengambilan sampel berdasarkan pertimbangan tertentu yang dibuat oleh peneliti sendiri. Sehingga peneliti memilih kelas X-8 sebagai subjek penelitian. Hasil   uji   statatistik deskriptif yang menunjukkan nilai rata-rata hasil belajar matematika peserta didik  memperoleh NGain score 0.3283 termasuk dalam kategori sedang, karena  pada  kaidah pengujian jika  maka termasuk dalam kategori sedang. Sedangkan untuk hasil  uji Paired  Sampel  T-Test diperoleh  nilai  signifikan  0.000  <  0.05,  karena  pada  kaidah pengujian jika nilai Sig.(2-tailed) < 0.05 maka ditolak  dan  diterima. Oleh  karena  itu  pada  penelitian  ini,  peneliti  memperoleh  hasil  penelitian  bahwa penggunaan  media  pembelajaran Quizizz efektif  efektif terhadap hasil belajar matematika peserta didik pada materi trigonometri terintegrasi dengan kebudayaan Islam kelas X 8 SMA N 9 Semarang.

References

A. Buchori, M. A. Budiman, N. Happy, A. N. A. (2015). Pembuatan Bahan Ajar Dan Media Online Berbasis Kurikulum 2013 Oleh Guru-Guru Sd Se-Kecamatan Pedurungan. Ekp, 13, 113–121.
Adjie, N. dan M. (2006). Pemecahan Masalah Matematika. UPI Press, Cetakan Pertama.
Djamarah, S. B. (2008). Psikologi Belajar. Rineka Cipta.
Febrita, Y., & Ulfah, M. (n.d.). Peranan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. 0812(2019), 181–188.
Lapono, N. dkk. (2008). Bahan Ajar Belajar dan Pembelajaran. Depdiknas.
Noor, S. (2020). Penggunaan Quizizz dalam penilaian pembelajaran pada materi ruang lingkup Biologi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X.6 SMA 7 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Hayati, 6(1), 1–7.
Purba, L. S. L. (2019). Peningkatan Konsentrasi Belajar Mahasiswa Melalui Pemanfaatan Evaluasi Pembelajaran Quizizz Pada Mata Kuliah Kimia Fisika I. Jurnal Dinamika Pendidikan, 12(1), 29. https://doi.org/10.33541/jdp.v12i1.1028
R, N., & Susanti, D. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Trigonometri Berbasis Literasi Matematika. Jurnal Borneo Saintek, 2(1), 37–45. https://doi.org/10.35334/borneo_saintek.v2i1.633
Rahmawati, N., Buchor, A., & Endahwuri, D. (2016). Efektivitas Penggunaan Multimedia Interaktif Dengan Pendekatan Matematika Realistik Pada Mata Kuliah Matematika Sma. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 3(September), 27–36.
Ratriana, D., Purwoko, R. Y., & Yuzianah, D. (2021). Pengembangan E-modul Berbasis Etnomatematika yang Mengeksplorasi Nilai dan Budaya Islam untuk Siswa SMP. AlphaMath : Journal of Mathematics Education, 7(1), 11. https://doi.org/10.30595/alphamath.v7i1.8498
Salsabila, U. H., Habiba, I. S., Amanah, I. L., Istiqomah, N. A., & Difany, S. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Ditengah Pandemi Pada Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi, 4(2), 163–172. https://doi.org/10.22437/jiituj.v4i2.11605
Sultan, U., & Tirtayasa, A. (2019). Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar. 2(1).
Tsaaqib, A., Buchori, A., & Endahwuri, D. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Virtual Reality (Vr) Pada Materi Trigonometri Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Sma. JIPMat, 7(1), 11–19. https://doi.org/10.26877/jipmat.v7i1.9950
Zaini Miftach. (2018). Pembelajaran Materi Trigonometri Berbasis Nilai Islami Untuk Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa. 53–54.
Published
2024-06-12
Section
Articles