MENIMBANG KOMPETENSI SARJANA FAKULTAS SYARI'AH DAN HUKUM UIN SUNAN AMPEL DALAM BIDANG PROFESI KEADVOKATAN

Authors

  • M. Hasan Ubaidillah Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.35132/khidmah.v2i1.1172

Keywords:

Kompetensi, Hukum, Syariah

Abstract

Penelitian yang berjudul Menimbang kompetensi Sarjana Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Ampel dalam bidang Profesi Keadvokatan ; Kajian terhadap desain kurikulum dan implementasi pembelajaran di fakultas syari’ah dan Hukum dalam menyiapkan SDM advokat merupakan bentuk respon dari hasil redesain dan review kurikulum yang telah dilakukan oleh Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan ampel tahun 2013 yang lalu dengan harapan dapat memberikan kontribusi positif untuk melakukan penyiapan SDM Lulusan Fakultas Syariah dan Hukum. Kajian dalam penelitian ini akan menjawab tiga pertanyaan mendasar yaitu; Bagaimana Desain kurikulum yang menjadi materi pengajaran di Fakultas Syari’ah dan Hukum UIN Sunan Ampel surabaya, Bagaimana formulasi silabi dan Implementasi dari Desain Kurikurun tersebut dalam sistem belajar mengajar di Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Ampel Surabata dan Bagaimana dampak Desain kurikulum dan formulasi Silabi serta implementasinya dalam sistem belajar mengajar tersebut terhadap penyiapan SDM advokat. Untuk menjawab masalah tersebut kajian dalam penelitian ini menggunakan metodepenelitian kombinatif yaitu mengkombinasikan penelitian kepustakaan (library reseacht) karena akan menganalisis dokumen Desain Kurikulum Fakultas Syari’ah dan Hukum UIN Sunan Ampel Serta Penelitaian lapangan ( Field research ) dengan pendekatan deskriptif kualitatif yang berusaha untuk mengungkap Implementasi Desain Kurikulum tersebut dalam aspek pembelajaran hukum di Fakultas Syari’ah UIN Sunan Ampel. Hasil kajian penelitian ini menegaskan bahwa desain kurikulum pada fakultas Syariah dan hukum UIN Sunan Ampel Surabaya didasarkan pada paradigma integrated twin towers (menara kembar tersambung), sebagaimana yang menjadi paradigma baru pengembangan keilmuan UIN Sunan Ampeldengan pemenuhan kriteria model pendidikan integrasi keilmuan multidispliner. Formulasi silabi dalam setiap matakuliah yang dikuliahkan di Fakultas Syariah UIN Sunan Ampel dideskripsikan dan dijabarkan ke dalam silabus (standar kompetensi, kompetensi dasar dan indikator kompetensi) yang satu sama lain saling terkait, sehingga antar bagian terbentuk suatu jalinan integrasi kompetensi matakuliah.Integrasi kompetensi matakuliah tersebut diperlukan agar mahasiswa memiliki struktur pengetahuan dalam bentuk peta konsep (concept-map) atau peta kompetensi (competence-map) matakuliah yang baik dan sistemik. Dalam menyusun SAP, setiap dosen mengacu pada silabus yang telah dibuat sehingga materi yang disampaikan mencapai tujuan yang telah ditentukan. Sedangkan dampak desain kurikulum dan formulasi Silabi serta implementasinya dalam sistem belajar mengajar telah sesuai dengan visi dan misi Fakultas Syariah dan hukum UIN Sunan Ampel Surabaya yaitu menyelenggarakan pendidikan yang profesional, berdaya saing dan berkepribadian Islam walaupun dalam tingkat aplikasinya harus ada penyesuaian agar dapat lebih sempurna.

References

Adnan Buyung Nasution, Pergulatan Tanpa Henti Pahit Getir Merintis Demokrasi, Jakarta: Aksara Karunia, 2004
Aris Bintania, Dilema Kuasa Hukum dalam Upaya Mendamaikan Perkara Perceraian di Pengadilan Agama Analisis Peraturan Perundang-Undangan, Jurnal Al-Ahkam Vol. 4. No. 1 (Maret 2006)
Buku Panduan Penyelenggaraan Pendidikan Strata satu ( S1 ) IAIN Sunan Ampel, Tahun 2012
Buku Panduan Penyelenggaraan Pendidikan Strata satu ( S1 ) UIN Sunan Ampel, Tahun 2014
Buletin PERADI edisi kedua Th I Agustus 2008
Frans Hendra Winata, advokat Indonesia Citra, Idealisme dan Keprihatinan, Jakarta: Pustaka Sinar Harapan, 1995.
Hendra Winarta, Frans, Advokat Indonesia, Citra, Idealisme dan Keprihatinan,
Jakarta: Pustaka Sinar Harapan, 1995
Hendra Winarta, Frans, Advokat Muda Indonesia, Jakarta: Pustaka Sinar Harapan, 1996
Kadafi, Binziat, et.al., Advokat Indonesia Mencari Legitimasi, Studi Tentang Tanggung Jawab Profesi Hukum di Indonesia, Jakarta: PSHK, 2001
KHN, Desain Hukum; Newsletter Komisi Hukum Nasional , Volume. 12 Nomor 07, tahun 2012
KHN, Desain Hukum; Newsletter Komisi Hukum Nasional , Volume. 12 Nomor 08, tahun 2012
Komisi Yudisial ; Buetin, media Informasi Hukum dan Peradilan, Volume VII, Nomor 02, September-Oktober 2012
Mudzhar, M Atho Et. Al. dalam buku yang berjudul Peradilan Satu Atap Dan Profesi Advokat Implikasi Dan Tantangan Bagi Fakultas Syari’ah . Jakarta; Puslitbang Kehidupan Beragama. 2005. Ed 1. Cet 1.
Sholeh So’an. Moral Penegak Hukum Di Indonesia (Pengacara, Hakim, Polisi, Jaksa) Dalam Pandangan Islam. Bandung; Agung Ilmu. 2004. Cet 1
Lexy J. Moleong, Metodelogi Penelitian Kualitatif (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002)
Meilia Nur Indah Susanti, Statistik Deskriptif dan Induktif ( Yogyakarta, , Graha Ilmu, 2010 )
Soejono dan Abdurrahman, Metode penelitian: Suatu Pemikiran dan Penerapan
(Jakarta: Rineka Cipta, 1997
Undang-undang Nomor 14 tahun 1970 tentang ketentuan-ketentuan Pokok Kekuasaan Kehakiman
Undang-undang Nomor 18 Tahun 2003 tentang Advokat
Undang-undang Nomor 4 tahun 2004 tentang Kekuasaan Kehakiman

Downloads

Published

2024-07-17

How to Cite

Ubaidillah, M. H. (2024). MENIMBANG KOMPETENSI SARJANA FAKULTAS SYARI’AH DAN HUKUM UIN SUNAN AMPEL DALAM BIDANG PROFESI KEADVOKATAN. Khidmah: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1). https://doi.org/10.35132/khidmah.v2i1.1172

Issue

Section

Articles