PEMBINAAN MEMBACA AL-QUR’AN MELALUI PENGENALAN ILMU TAJWID DI MUSHOLLAH CAHYA AL-QUR’AN DI DUSUN RANDU DESA JETIS KECAMATAN BESUKI KABUPATEN SITUBONDO
Abstract
Membaca al-Qur’an adalah amalan yang mulia. Sebelum membaca al-Qur’an kita harus mempelajari ilmu tajwid dengan baik dengan begitu akan dapat membaca al-Qur’an dengan fashih, baik dan benar. Sebagian besar par asantri di mushollah Cahya Al-Qur’an kurang maksimal dalam melafalkan huruf-huruf hijaiyah ketika membaca al-Qur’an. Banyaknya santri dan terbatasnya waktu belajar di mushollah kurang maksimal dan santri di mushollah mengalami kurangnya wawasan dan pengetahuan tentang ilmu tajwid. Metode pendekatan yang digunakan pada kegiatan ini yaitu dengan tutorial dan klasikal yang dilakukan dengan santri Mushollah Cahya Al-Qur’an. Hal ini dilakukan karena salah satu cara yang efektif karena dapat menyimak langsung dan mengecek pemahaman serta membetulkan pelafalan huruf hijaiyah santri mushollah Cahya Al-Qur’an. Dengan bimbingan ini mahasiswa juga dapat lebih dekat dengan para santri-santri di mushollah Cahya Al-Qur’an. Berdasarkan hasil kegiatan pengabdian pada masyarakat, dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan pengetahuan dan pemahan santri mushollah Cahya Al-Qur’an tentang ilmu tajwid, setelah kegiatan pelatihan cara melafalkan huruf-huruf hijaiyah sehingga dapat membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar, serta membantu pihak mushollah untuk meningkatkan kualitas membaca al-Qur’an para santri mushollah Cahya Al-Qur’an.
References
Aso Sudiarjo, D., & Nurhidayat, W. (2010). Aplikasi Pembelajaran Ilmu Tajwid. Waqaf Dan Makharijul Huruf Berbasis Andoid. Jurnal Sisfotek Global, 5(2).
Faizah, M., Qoirot, S. B., & Nasirudin, M. (2020). Peningkatan Kemampuan Membaca Al Quran Santri TPQ Al Mustaqim dengan Bimbingan Fashohatul Lisan. Jumat Keagamaan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 38-41.